Wednesday, October 1, 2014

Apa itu GEOGRAFI?

 Sering kali kita menganggap remeh tentang definisi sebuah ilmu. padahal sebuah ilmu dapat dikatakan beda dengan yang lain apabila ilmu tersebut mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda dengan ilmu - ilmu yang lain. sebagai contohnya adalah geografi. pernahkah anda berfikir apakah yang membedakan ilmu geografi dengan ilmu - ilmu yang lain? bagaimanakah ciri khas ilmu geografi? Nah, di sini saya akan membagi pengetahuan saya mengenai apa itu geografi.
 Geografi merupakan suatu ilmu di mana mempelajari fenomena fisik geosfer dengan selalu mengaitkannya dengan ruang (tempat/wilayah). Jadi, bila kita mempelajari tentang geografi maka kita harus melihat atau berpandangan secara keruangan. misalnya saja terdapat perbedaan antara biologi dengan geografi, beda di mana nya? dalam biologi beras dan gandum memiliki persamaan dalam tingkat familia yaitu oryza, namun dalam konteks ke geografian padi dengan gandum jelas berbeda dikarenakan tempat tumbuh dan berkembangnya tidak pada wilayah atau ruang yang sama.
 Dari definisi di atas, dapat kita simpulkan ciri khas geografi yang secara tersirat sudah di sebutkan. ciri khas geografi merupakan selalu menghubungkan apa saja dengan satuan wilayah atau ruang. jadi, geografi jelas sangat berbeda konteks kajiannya dengan ilmu yang lain.
 Suatu ilmu juga dapat dikatakan sebagai ilmu apabila ilmu itu sudah memiliki objek formal dan objek material tentang apa yang dipelajari dalam ilmu tersebut. Bila anda penasaran tentang objek formal dan objek material ilmu geografi, akan saya bahas pada postingan selanjutnya. :)
 untuk posting sekarang saya akhiri dahulu. semoga ulasan mengenai apa itu geografi dapat membantu anda lebih mengenal tentang kajian ilmu geografi. Silahkan beri komentar anda bila anda mempunyai pandangan yang lain dan beri kritik serta saran anda bila postingan saya terdapat kesalahan. terima kasih.. :D

No comments:

Post a Comment